Sejarah Texas Part 1: Texas vs Spanyol

 

Pasti tidak ada yang asing dengan istilah kolonialisme bukan? Sebagai bangsa hasil jajahan kolonialisme Belanda, pasti masyarakat Indonesia sudah sangat paham bagaimana nasib penduduk jajahan bangsa barat. Ya, nasib sama dialami oleh masyarakat Texas yang sebelumnya hidup tenteram menjadi terusik setelah kapal bangsa barat, Spanyol mampir ke Texas.

Walaupun sebenarnya, kapal tersebut salah tujuan, yang seharusnya sampai ke Amerika, Texas tetap menjadi korban kolonialisme Spanyol. Arti dari jajahan kolonial yaitu segala bahan kekayaan alam diambil dan dikirim ke negerinya sendiri. Siapa yang tidak terganggu dengan kegiatan kolonial tersebut. Sebagai pendatang tetapi tidak permisi dengan pemilik negeri. Bagaimana reaksi penduduk Texas terhadap penjajah Spanyol?

Sudah tentu penduduk Texas menentang kedatangan pendatang Spanyol. Mereka melawan penjajah Spanyol dan mengusirnya. Bukannya pergi, Spanyol dan Texas saling mempertahankan posisinya akan tanah Texas. Beruntung, penduduk Meksiko yang juga dijajah Spanyol membantu Texas hingga akhirnya perlawanan Texas terhadap Spanyol berhasil.

Sebelumnya, Meksiko telah menang atas Spanyol dan memerdekakan diri menjadi negara kekaisaran pada tahun 1821. Setelah merdeka dan membantu Texas, Texas bebas dari penjajahan kolonialisme Spanyol. Nah, bagaimana nasib Texas selanjutnya? Jangan mengira bahwa Texas bebas sepenuhnya akan penjajahan karena niat Meksiko yang membantu Texas membawa misi tersendiri untuk memiliki Texas.

Pasca memerdekan diri atas Spanyol, Meksiko bangkrut karena kekayaannya habis untuk membiayai perang melawan Spanyol. Untuk memperbaiki ekonomi negara, Texas diajak bergabung menjadi bagian negara Meksiko. Karena penduduk Texas masih sedikit, wilayah Texas digabung dengan wilayah Coahulia menjadi Coahulia y Tejas (Coahulia & Texas).

Kemudian, Meksiko meminta Amerika mengirim sebagian penduduknya ke Texas untuk dijadikan budak demi menyuplai uang pajak pada pemerintah. Setelah banyak warga amerika pindah dan menetap ke Texas, penduduk Texas menjadi padat seketika. Akibat dari perpindahan penduduk yang sekejab itu ternyata memberi dampak yang kurang baik yaitu terjadinya perbedaan kultur antara pendatang dan penduduk setempat yang menyebabkan perselisihan. Hal itu pun diketahui pemerintah Meksiko dan kemudian diatasi.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *