SejarahTexas Part 3: Amerika vs Meksiko

 

Texas menang melawan Meksiko membuat Texas merdeka dan menjadi negara Republik Texas pada tahun 1936. Saat ini pula Texas merdeka untuk sementara. Mengapa sementara? Ya, kemenangan Texas tidak membuat Texas tenang saat kembali ke negaranya usai berperang. Texas menyadari bahwa sewaktu-waktu, pasukan Meksiko yang diserang sebelumnya akan kembali membawa pasukan lebih banyak. Mempertimbangkan hal tersebut, sebagian besar penduduk Texas berbondong-bondong pergi menyelamatkan diri ke daerah asalnya, Amerika. Apa yang terjadi? Ya, Texas pun kembali kekurangan penghuninya seperti dahulu. Hal inilah yang membuat Texas memperoleh kecaman dari berbagai pihak untuk menganggalkan kemerdekaan yang diperolehnya.

Persembunyian penduduk Texas ke Amerika, menyudutkan Texas akan status kemerdekaannya. Texas diberi penawaran akan tetap menjadi negara bagian Meksiko atau menjadi bagian dari negara Amerika? Penawaran tersebut ternyata banyak ditentang oleh masyarakat Amerika. Hal ini dikarenakan penduduk amerika khawatir bergabungnya Texas ke Amerika akan memecah Amerika menjadi beberapa negara bagian. Yang mereka khawatirkan sebenarnya akan berubahnya peta keseimbangan antara negara bagian bebas dengan negara bagian bebas yang pro perbudakan dalam Kongres AS.

Namun kekhawatiran tersebut usai ketika pemerintah Amerika, kongres AS mengeluarkan pernyataan bahwa Texas diijinkan bergabung dengan negara Amerika menjadi negara bagian Texas pada Februari 1845. Meski demikian, Texas masih ragu dengan keputusan tersebut dan akhirnya menyetujui untuk menjadi negara bagian Amerika 4 empat kebualan kemudian. Tepat pada 29 desember 1845 texas resmi menjadi negara bagian amerika yang ke-28. Kejadian ini membuat para pendukung Texas di http://agenbola108.net sangat gembira.

Bergabungnya Texas menjadi negara bagian amerika mendapatkan kecaman dari meksiko. Hal ini dikarenakan Meksiko masih menganggap Texas menjadi negara bagian miliknya. Sebagi wujud penolakannya, meksiko sempat memutuskan hubungan diplomatik dengan amerika. Timbul sengketa perbatasan wilaya antara meksiko dengan amerika. Sengketa memuncak pada tahun 1946 dan muncullah perang Meksiko dengan Amerika. Perang tersebut berlangsung selama 2 tahun. Baru, tahun 1948, Amerika menang atas perlawanan Meksiko hingga membuat Meksiko terpaksa mengakui Texas sebagai negara bagian Amerika.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *