Amerika Serikat pernah Mengalami Perang Antar Saudara. Begini Sejarahnya

 

Amerika Serikat merupakan sebuah negara yang pernah memiliki perang yang dinamakan Perang Saudara. Perang Saudara merupakan perang antar negara bagian yang ada di Amerika Serikat yang terjadi pada tahun 1861 sampai 1865. Ada sekitar 11 negara bagian yang memutuskan untuk memisahkan diri dari Amerika Serikat. Kemudian kesebelas negara bagian tersebut membentuk sebuah konfederasi Amerika yang dikenal dengan Konfederasi. Konfederasi ini memperjuangkan keinginan kesebelasan negara bagian tersebut untuk merdeka dari Amerika dengan dipimpin oleh Jefferson Davis.

Banyak negara yang mendukung keputusan dari Pemerintah Federal Amerika Serikat (AS) dalam memerdekan negara-negara bagian yang ingin merdeka dari Amerika Serikat. Ada dua puluh negara bagian yang kebanyakan terdiri dari negara-negara bagian yang telah menghapus sistem perbudakan dan ada tambahan lima negara bagian yang nantinya akan dikenal sebagai negara bagian perbatasan.
Negara-negara bagian tadi yang berjumlah dua puluh lima negara, membentuk sebuah perserikatan yang dsebut Uni yang memiliki basis populasi dan industri yang lebih maju dari negara Selatan.

Sebuah peperangan pastilah ada penyebabnya. Seperti perang saudara yang ada di Amerika ini. Penyebab perang ini yaitu dikarenakan adanya sistem perbudakan yang berlaku di Amerika Serikat. Banyak sekali orang yang menjadi budak oarang lain dan pekerjaannya dikerjakan oleh budak tadi. Di negara bagian utara Amerika telah membuat hukum yang menyatakan bahwa tidak ada seorangpun yang dapat memperbudak orang lain dan negara ini disebut negara-negara bebas. Sedangkan negara bagian selatan Amerika, belum membuat sistem non perbudakan tadi sehingga negara-negara ini sering disebut dengan negara bagian budak.

Banyak terjadi kesenjangan sosial maupun perekonomian yang terjadi antara negara bagian utara dan negara bagian selatan. Orang-orang yang tinggal di negara bagian utara yang notabennya tinggal di kota-kota besar bekerja di pabrik dan masih menginginkan kebijakan yang dapat membantu ekonominya. Sedangkan masyarakat negara bagian selatan yang tinggal di kota kecil dan bekerja sebagai buruh tani menginginkan kebijakan yang mendukung ekonominya. Masyarakat negara bagian selatan ini sering tidak setuju atas keputusan yang menurut pemerintahan itu merupakan sebuah keputusan yang terbaik.

Pada saat Abraham Lincoln yang berasal dari negara bagian utara maju mencalonkan pemilu dan menang menjadi presiden baru Amerika Serikat, banyak negara budak dari negara bagian selatan yang memutuskan untuk memisahkan diri dari Amerika Serikat dan membentuk sebuah negara baru. Negara baru ini bernama Negara Konfederasi Amerika yang memiliki ibu kota yang bertempat di Richmond, Virginia.

Perang pertama yang menunjukkan perang dalam industri persenjataan adalah perang saudara di Amerika Serikat ini. Produksi senjata, pembatan kapal-kapal uap, pembuatan rel kereta dilakukan hampir di semua wilayah Amerika Serikat. Sejarah seperti inilah yang membuat penggemar http://bengkelbola.org semakin semangat dalam mencari info-info sejarah.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *