Peninggalan Masa Kolonial Spanyol Di Texas

 

Sejarah menyatakan bahwa texas adalah negara bekas jajahan spanyol. Masa kolonial spanyol di texas berlangsung cukup lama. Berawal dari salah pendaratan yang dilakukan nahkoda spanyol di texas yang bermaksut akan mendarat di missisipi, texas telah menjadi salah satu negara incaran spanyol. Meski mendapat perlawanan penduduk setempat dan meninggalkan texas, spanyol kembali lagi dengan kelompok yang berbeda dan tujuan religius. Spanyol pun akhirnya benar-benar menyerah atas texas ketika terjadi perang antara texas dengan spanyol dengan meksiko sebagai pasukan penyerang spanyol membantu texas.

Sejarah texas akan penjajahan spanyol terbukti benar adanya. Apa buktinya? Ya, hal itu didukung dengan ditemukannya bagian pistol yang berusia 500 tahun (5 abad). Sebuah bagian pistol tersebut ditemukan di Colorado. Setelah diselidiki lebih lanjut, bagian pistol yang dikenal dengan istilah “dog” tersebut ditemukan dengan pelatuknya. Berdasarkan pernyataan kurator Museum of western colorado, “dog” tersebut merupakan bagian dari pistol yang bernama pistol wheellock.

David bailey mengungkapkan kepada agen sbobet, penemuan “dog” terjadi saat dilakukan penggalian arkeologi yang dilakukan oleh western investigation team di sebuat situs redoubt yang juga ditemukan pula alat-alat perang spanyol lain di colorado. Situs tersebut berada di sebuah benteng kecil di grand junction colorado.

Penemuan “dog” ini menjadi petunjuk sejarah kolonial spanyol di negara jajahan spanyol seperti texas, california, nevada, arizona, new meksiko, utah, colorado, dan oklahoma. Penelitian menyatakan bahwa “dog” itu bagian dari pistol wheellock dimana pistol wheellock merupakan pistol pertama spanyol yang diproduksi. Pistol wheellock memiliki bentuk seperti panjang hampir 60 cm dan muncul di eropa sekitar tahun 1500 tepat saat spanyol mendarat di texas pada tahun 1512.

Tes metalurgi menyatakan “dog” tersebut berasa dari abad ke-16 sampai abad ke-17. Peneliti mengungkapkan bahwa seharusnya “dog” ini ditemukan di texas atau new meksiko bukan di utara, daerah colorado. Teori-teori pun menjelaskan bagaiman materi ini sampai ke utara dimana sisa-sisa peninggalan spanyol diperjualbelikan kepada suku ute ke indian. “dog” sendiri berfungsi untuk memperketat penjepit yang menahan batu api untuk menyalakan bubuk pistol.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *